Gambar Parkiran Motor Minimalis

Parkiran motor minimalis di Jatinegara

Parkiran motor minimalis

Tempat parkir kendaraan adalah suatu fasilitas umum yang wajib ada pada setiap bangunan, khususnya parkiran motor. Karena hampir semua orang, terutama di kota-kota besar memiliki kendaraan pribadi beroda dua ini. Oleh karenanya diperlukan desain parkiran motor yang proper atau layak agar dapat mudah diakses dan digunakan sebagaimana mestinya. Kali ini Rumah Desain 2000 akan membahas sebuah konsep desain parkir motor minimalis yang rencananya akan digunakan oleh instansi pemerintah di Jakarta Timur.

Ukuran parkir motor ideal

Agar tempat parkir motor ini dapat berfungsi dengan baik, maka memerlukan ukuran parkir motor yang ideal. Hal ini termasuk mengantisipasi ukuran motor dan dimensi motor yang terdapat dipasaran. Karenanya memerlukan standar khusus untuk desain parkiran motor.

Menurut Departemen Jendral Perhubungan Darat (1998), Satuan ruang parkir adalah ukuran luas efektif untuk meletakkan suatu kendaraan (mobil penumpang, bus/truk, atau sepeda motor) termasuk ruang bebas dan lebar bukaan pintu.

Untuk mengetahui ukuran luas efektif dalam meletakkan kendaraan, dalam hal ini sepeda motor maka anda dapat menggunakan SRP (Satuan Ruang Parkir).

Dimensi Satuan Ruang Parkir yang biasa digunakan adalah:

No.Jenis kendaraanDimensi SRP, m
1aMobil Penumpang Gol I2,3 x 5
1bMobil Penumpang Gol II2,5 x 5
1cMobil Penumpang Gol III3,0 s/d 3,6 x 5
2Bus/Truk3,4 x 12,5
3Sepeda motor0,75 x 2,0
Tabel SRP (diambil dari wikipedia)

Desain parkir motor minimalis

Kembali ke pembahasan awal, berhubung kami hanya akan membahas konsep desain tempat parkir motor yang kami kerjakan. Maka kami hentikan pembahasan mengenai SRP sampai sini saja. Secara umum konsep yang kami usung adalah desain bergaya minimalis. Kami menggunakan paduan beberapa material pada desain parkiran motor minimalis ini. Seperti penggunaan material baja berat WF sebagai tiang utama dan kanopi parkiran motor menggunakan atap polycarbonat. Material seperti pagar GRC sebagai penyekat dan lantai conblok juga kami gunakan dalam desain kali ini.

Pemilihan warna untuk parkir motor

Mengenai warna yang digunakan pada desain tempat parkir sepeda motor ini, kami menggunakan warna cerah. Selain alasan agar lebih eye catching sehingga para tamu mudah menemukan bangunan ini, juga agar terkesan tidak monoton dengan kondisi sekitarnya. Untuk warna polycarbonat, kami menggunakan warna gelap agar mengurangi cahaya matahari yang masuk. Demikian review singkat kami mengenai desain tempat parkir sepeda motor di jatinegara ini. Salam Hangat!!

Mau tanya-tanya boleh kok!!! Tinggal chat aja!!!

Jika anda ingin menanyakan layanan jasa kami, seperti jasa arsitek jakarta, jasa bangun rumah, dll. Anda dapat menghubungi kami di halaman berikut ini. Atau dapat juga menghubungi kami melalui : HP/WA : 0822-9893-2222.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *